Hari Rabu tanggal 09 November 2016 adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh segenap stakeholder KPPN Muara Bungo. Hal tersebut disebabkan karena telah terbitnya Peraturan Dirjen Perbendaharaan Nomor PER-44/PB/2016. Peraturan Dirjen Perbendaharaan tersebut berisi tentang Pedoman Penerimaan dan Pengeluaran Negara Pada Akhir Tahun 2016 yang biasanya dikenal dengan Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun (LLAT). Sebagaimana kita ketahui bersama, tidak terasa saat ini menjelang akhir tahun 2016 tidak penuh dua bulan lagi. Pada peraturan tersebut sudah ditetapkan tenggat-tenggat penyampaian tagihan dan pelaporannya dari Satuan Kerja ke KPPN.

Seperti biasanya, pada akhir tahun anggaran akan terjadi kesibukan yang meningkat bila dibandingkan dari bulan-bulan sebelumnya pada KPPN dan seluruh Satuan Kerja lingkup KPPN Muara Bungo. Akan ada lonjakimg_2954an pengajuan tagihan dari seluruh satuan kerja ke KPPN, setelah terbitnya peraturan diatas.  Dengan sosialisasi ini diharapkan KPPN dan satker dapat mengantisipasi kendala/permasalahan yang terjadi disaat akhir tahun anggaran 2016 terkait penyampaian tagihan, penyetoran penerimaan negara dan pelaporan anggaran oleh satker ke KPPN.

Materi sosialisasi disampaikan dengan metode tatap muka dengan suasana santai nan serius oleh para narasumber yang berkompeten. Materi Langkah-langkah Dalam Menghadapi Akhir Tahun (LLAT) Bidang Penerimaan Negara disampaikan oleh Kepala Seksi Bank KPPN Muara Bungo terbaru, Ibu Davina Chairmanita (Pengganti Bapak Suwarto yang mutasi ke KPPN Purworejo). Materi LLAT Bidang Pengeluaran Negara disampaikan oleh Kepala Seksi PDMS, Bapak Dedi Setiadi dengan gaya kocaknya. Materi LLAT Bidang Akuntansi & Pelaporan disampaikan oleh Bapak Pujo Priyatno selaku Kepala Seksi Vera&KI. Materi-materi tersebut diselingi dengan penyampaian materi Hot Issue SPAN oleh TMR KPPN Muara Bungo, Elfirman Yusuf Sebayang. Seluruh penyampaian materi di-moderator-i oleh Bapak Ojad Sudrajad dan Bapak Edward.

Kegiatan sosialisasi tersebut juga menjadi moment yang bersejarah bagi KPPN Muara Bungo karena pada kegiatan ini pertama kalinya diperkeimg_2952nalkannya Bapak Abdullah Sani sebagai Kepala KPPN Muara Bungo yang baru. Beliau mutasi dari dari KPPN Balige dan mulai bertugas di KPPN Muara Bungo pada tanggal 01 Nopember 2016 untuk menggantikan kepala kantor yang lama, Ibu Astriyani yang pindah tugas sebagai Kepala KPPN Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Dengan adanya sosialisasi tersebut, semoga dalam menyambut akhir Tahun Anggaran 2016 ini KPPN Muara Bungo dan satuan kerja dapat meningkatkan sinerginya sehingga penatausahaan APBN melalui satuan kerja dan KPPN dapat berjalan lancar dan tanpa hambatan yang berarti. Semangat….!!!!